Visi Pusat Kewirausahaan UNM

Sebagai Pusat Pengembangan Kewirausahaan Terkemuka di Indonesia.

Misi Pusat Kewirausahaan UNM

  1. Membentuk Karakter Wirausahawan yang Mandiri dan Profesional.

    Pembentukan karakter wirausaha di UNM dilakukan dengan mensinergikan berbagai aktivitas akademik dengan kegiatan yang mencirikan karakter wirausaha. Kuliah Kewirausahaan adalah basic level dari kegiatan pembentukan karakter wirausaha. Dengan kata lain, Misi Pertama Pusat Kewirausahaan diimplementasikan dengan melakukan standardisasi kurikulum kewirausahaan di UNM, sehingga semua program studi dapat memberikan kuliah kewirausahaan yang terstandar

  2. Memberikan Pendidikan, Pelatihan, Pendampingan, Konsultasi Kewirausahaan bagi mahasiswa, alumni, dan masyarakat.

    1. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sejak tahun 2009
    2. Program Inkubator Kewirausahaan sejak tahun 2012
    3. Program Laboratorium Kewirausahan (Unit Bisnis: Hotel La Macca, La Macca Mart, Cafe Pisang Ijo) sejak tahun 2010.
    4. Kuliah umum dan seminar dalam bidang kewirausahaan, baik yang diselenggarakan oleh Pusat Kewirausahaan maupun bekerjasama dengan pihak lain.

  3. Memberikan bantuan permodalan bagi UKM Binaan UNM

    Misi Ketiga diimplementasikan dalam bentuk penyediaan bantuan modal usaha bagi pada start-up business yang ingin mendirikan suatu usaha, baik melalui bantuan dana dari DIKTI melalui Program Mahasiswa Wirausaha maupun bantuan permodalan dari lembaga lain. Pendirian Koperasi Kewirausahaan UNM pada tahun 2013 juga dilakukan untuk memfasilitasi para lembaga permodalan yang ingin menyalurkan dana bantuan bagi pengembangan kewirausahaan melalui UNM.

  4. Bekerja sama dengan institusi pemerintah dan swasta dalam pengembangan kewirausahaan

    Misi Keempat diimplementasikan dengan berbagai kerjasama yang telah dilakukan, antara lain dengan Dinas Koperasi Kota Makassar, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Kementerian Koperasi dan UKM RI, HIPMI, IWAPI, Dinas Perijinan Kota Makassar, Humber Institute of Technology and Advanced Learning, dan sebagainya.