Inkubator kewirausahaan UNM merupakan program penguatan yang diberikan kepada usaha-usaha baru, untuk dapat berkembang menjadi usaha yang mandiri. Kegiatan ini merupakan program pendampingan lanjutan, terutama bagi peserta PMW yang sudah melakukan start-up bussiness. Namun program ini tetap membuka kesempatan untuk alumni perguruan tinggi lain yang membutuhkan penguatan usaha. Oleh karena itu, kelompok yang menjadi sasaran dari program ini adalah kelompok usaha alumni perguruan tinggi yang sudah memiliki usaha yang berjalan 1 – 2 tahun. Saat ini, inkubator kewirausahaan telah melaksanakan inkubasi bagi dua angkatan (30 kelompok usaha pada tahun 2012 dan 45 kelompok usaha pada tahun 2013). 

 

Kelompok usaha tersebut akan mengalami inkubasi yang meliputi tiga tahap yaitu, Tahap awal, tahap Pengembangan dan Kemandirian. Selama proses inkubasi, kelompok usaha diberikan fasilitas sarana, pembimbingan, pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan kewirausahaan selama kurun waktu satu tahun.

Peserta inkubator kewirausahaan, dikelompokkan menjadi dua yaitu:

1.       UKM-tenant inwall

Merupakan kelompok usaha yang memperoleh tempat khusus di dalam lokasi Inkubator untuk melakukan proses usaha, diutamakan usaha-usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dan minuman.

2.       UKM-tenant outwall

Merupakan kelompok usaha yang operasional usahanya berada di luar lokasi Inkubator, namun difasilitasi dan dimediasi oleh Inkubator dalam hal konsultasi, bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan yang telah diprogramkan.