Gebyar UKM Indonesia 2016 yang di laksanakan di Celebes Convention Center pada tanggal 18 Oktober 2016. Dalam kegiatan tersebut, Universitas Negeri Makassar menerima penghargaan “Presidental Award 2016” dari International Council for Small Business (ICSB) – Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh BCA, Kementerian Koperasi dan UKM dan ICSB. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas keaktifan Universitas Negeri Makassar (Pusat Kewirausahaan UNM)  melakukan pengembangan berbagai program kewirausahaan, baik internal maupun eksternal, antara lain pembinaan dan pendampingan bagi start-up business maupun scale-up business UKM di Pusat Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar sejak tahun 2010.

Pusat Kewirausahaan UNM kembali mendapatkan penghargaan dari SEDS Project Award, setelah mendapatkan 2 Piala di malam penghargaan SEDS Project Award 2016. Penghargaan yang di serahkan oleh Ms. Mary Heather White (SEDS Field Manager) kepada Kepala Pusat Kewirausahaan UNM, yaitu "Most Well Prepared Business Center". Pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNM dinilai berhasil sebagai role model bagi Universitas lain. Sistem Coaching serta Monitoring dan Evaluasi terhadap perkembangan bisnis para wirausahawan menjadi salah satu sistem yang diadopsi oleh para mitra SEDS Project. Dan juga Redesign konsep Program Inkubator Kewirausahaan UNM dan Program Magang Kewirausahaan di Laboratorium Kewirausahaan La Macca yang saat ini dimatangkan oleh Pusat Kewirausahaan UNM dinilai sebagai kemampuan untuk melakukan self evaluation dan move forward yang excellence.

 

Terima kasih kepada Rektor UNM dan para Pembantu Rektor yang senantiasa memberikan dukungan dan arahan, Tim Dosen yang berkomitmen penuh pada berbagai Program Pusat Kewirausahaan, dan Bapak/Ibu di Biro AUK dan BAAKPSI yang selalu bersinergi mendukung kelancaran program kami setiap tahunnya.

Semangat Wirausaha!

SEDS (Sulawesi Entrepreneur Development Strategy) memberikan 2 Achievement Award kepada Pusat Kewirausahaan UNM pada Malam Award SEDS Project 2016. Adapun penghargaan yang diberikan adalah "Best Partner Progress Performance" dan "Best Coaching Management". 

Terima kasih kepada Rektor UNM dan para Pembantu Rektor UNM yang senantiasa memberikan dukungan kepada Pusat Kewirausahaan UNM, dan para TIM dosen yang juga selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.

 

Semangat Wirausaha!

Andi Asdar Abuhaerah, Pemilik Usaha Bimbingan Belajar Al-Insan Plus (PMW UNM Angkatan III Tahun 2011), menambah harum nama Universitas Negeri Makassar, khususnya Pusat Kewirausahaan UNM di ajang Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2015. Andi Asdar meraih Pemenang Utama Kategori Wirausaha Mikro Muda yang merupakan kategori baru di CMA Tahun 2015 diantara 4 kategori lainnya, yaitu Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan, Wirausaha Mikro Pelestarian Budaya, Wirausaha Mikro Perempuan, dan Wirausaha Mikro Sosial. CMA merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh UKMC UI bekerjsama dengan Citi Peka dan didanai oleh Citi Foundation yang telah berjalan sejak tahun 2005 hingga saat ini.

Kegiatan penjurian final dan penganugerahan yang berlangsung pada tanggal  12 - 15 Januari 2016 bertempat di Hotel Atlet Century Jakarta tersebut diikuti oleh 19 finalis dan pendamping yang kemudian mengikuti penjurian final pada tanggal 13 Januari 2016 berupa pameran (stand). Penjurian dilakukan oleh 3 pasang juri dari berbagai latar belakang dan setiap pasang juri memberikan pertanyaan kepada finalis yang didampingi oleh masing-masing Pembina.

Pusat Kewirausahaan UNM berhasil mengirimkan 2 finalis ke penjurian tingkat nasional, yaitu Andi Asdar Abuhaerah, Usaha Bimbingan Belajar Al-Insan Plus (PMW UNM Angkatan III Tahun 2011) dan Andi Virta Mutmainna, Usaha Jalkot Mini (PMW UNM Angkatan IV Tahun 2012), keduanya masuk pada kategori Wirausaha Mikro Muda pada saat pengumuman hasil tahap survey pada bulan Desember 2015.

Andi Asdar, sebagai pemenang utama kategori Wirausaha Mikro Muda mendapatkan hadiah berupa tropi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 20.000.000,-. Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNM ini mendapatkan apresiasi dari pasangan juri ketiga, yaitu perwakilan dari OJK dan Citi Indonesia, yaitu pembangunan karakter yang dilakukan oleh Bimbingan Belajar Al-Insan Plus kepada siswanya dimulai dari tingkat TK. Juri berharap pembangunan karakter berupa perbaikan akhlak siswa melalui pendekatan Islami dapat memperbaiki masa depan Bangsa Indonesia mulai dari pembangunan karakter generasi muda.

Diharapkan ke depannya Pusat Kewirausahaan UNM bisa terus mendampingi dan mengirimkan peserta PMW UNM ke kompetisi tingkat nasional lainnya bahkan internasional.  

Semangat Wirausaha!